PENINGKATAN PRODUKSI IKAN NILA DENGAN KINCIR AIR SibudiKucir

21 April 2022 | Administrator | 94 Dilihat

Upaya peningkatan  produksi  ikan  nila dapat dilakukan dengan menerapkan sistem budidaya intensif. Budidaya intensif merupakan cara berbudidaya ikan yang memanfaatkan inovasi teknologi dengan menggunakan in put yang banyak dengan tujuan memperoleh out put yang tinggi dan dalam waktu yang relatife singkat. Salah satu inovasi teknologi dalam Sistem Budidaya Ikan Nila dengan Kincir Air                           ( SibudiKucir ), inovasi ini berfungsi untuk menyediakan kebutuhan kualitas air yang sesuai dengan kebutuhan ikan karena dapat meningkatkan kandungan oksigen terlarut dalam air, meningkatkan padat tebar pemeliharaan dan meningkatkan efisien penggunaan kanan sehingga dapat meningkatkan produksi dan produktifitas pemeliharaan ikan nila.

Arah kebijakan pembangunan perikanan budidaya yaitu peningkatan produksi perikanan berbasis kawasan dan komoditas unggulan. Salah satu komoditas unggulan yang dikembangkan yaitu ikan nila dan fokus kawasan pengembangannya yaitu di Kecamatan Banjit.

          3

Salah satu upaya sosialisasi Sistem Budidaya Ikan Nila dengan Kincir Air dilakukan dengan kegiatan Temu Usaha Bidang Perikanan. Kegiatan ini merupakan upaya pelaksanaan tugas pemberdayaan Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan dalam melakukan pembinaan dan pendampingan pelaku usaha perikanan di Kabupaten Way Kanan.

Untuk mewujudkan kawasan sentra budidaya ikan nila di Kecamatan Banjit dilasanakan Temu Usaha Bidang Perikanan sekaligus Sosialisasi Inovasi Sistem Budidaya Ikan Nila dengan Kincir Air pada tanggal 25 Januari 2022 di Kampung Pasar Banjit Kecamatan Banjit Kabupaten Way Kanan. Kegiatan itu dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan Drs. Kadarsyah, Kabid Perikanan Budidaya Kabupaten Way Kanan Bayu Nurcahyo, S.Pi, Kelompok Karya Mina Mandiri Kecamatan Banjit dan Tim Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung yang diketuai Kepala Bidang Perikanan Budidaya dan Penguatan Daya Saing Ir. Marliana dan Arif Kurniawan, S.Pi ( Kasubag Perencanaan DKP Provinsi Lampung ).

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan Drs. Kadarsyah mengimbau agar Pokdakan Karya Mina Mandiri dapat meningkatkan produksi ikan nilanya dengan menerapkan SibudiKucir. Sistem budidaya ini dapat meningkatkan padat tebar pemeliaraan yaitu sebanyak 20 – 40 ekor/m3 dibandingkan dengan sistem budidaya konvensional  yang hanya 10-15 ekor/m3 , selain iti kincir air dapat meningkatkan kandungan oksigen terlarut sehingga nafsu makan ikan meningkat dan tingkat kelulus hidupan ikan tingga. Sehingga diharapkan dengan penerapan SibudiKucir pada budidaya ikan nila dapat meningkatkan produksi dan produktivitas usaha dan dampak yang diharapkan dapat merangsang tumbuh kembangnya pelaku usaha budidaya ikan nila yang baru ke Kecamatan Banjit. Untuk mempercepat upaya pengembangan kawasan sentra perikanan Nila di Kecamatan Banjit, pada kesempatan itu Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Way Kanan mohon dukungan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung agar kecamatan Banjit diusulkan sebagai Percontohan Kampung Nila.