TEMU USAHA KELOMPOK PERIKANAN

04 Juli 2019 | Administrator | 43 Dilihat

Kepala dinas perikanan Drs. Kadarsyah yang di wakili oleh sekretaris dinas perikanan Kurniati Bunga Mayang, S.E, MM didampingi kepala bidang perikanan budidaya Bayu Nurcahyo, S.Pi dan Kepala seksi kawasan bina usaha perikanan, Antoni Hartawan, S.E, melakukan Temu Usaha Kelompok perikanan di desa Tanjung Agung, Kecamatan Pakuan Ratu. Acara itu dihadiri sekitar 40 peserta dari 5 kelompok perikanan (Pokdakan) yang ada di kecamatan tersebut. Dalam acara tersebut, dinas perikanan memberikan konsep bagaimana agar Pokdakan dapat berjalan dengan baik, agar terwujudnya program bupati yakni Way Kanan Maju dan berdaya saing 2021.

Dalam temu usaha kelompok perikanan, peserta mengungkapkan  masalah yang sering dialami dalam usaha bidang perikan yang meraka lakukan, diantaranya adalah masalah permodalan dan pemasaran yang masih belum optimal sehingga benih ikan tidak terjual dan mengalami kerugian.

Kepala bidang perikanan budidaya Bayu Nurcahyo, S.Pi menjelaskan bahwa kelompok perikanan yang ada di kecamatan Pakuan Ratu harus duduk bersama dan menyatukan fikiran agar kelompok kelompok tersebut kuat dan dapat maju bersama sama. “Saya fikir bapak-bapak pelaku usaha perikanan harus sering melakukan diskusi agar dapat satu pemikiran untuk maju secara bersama sama. Masalah permodalan bisa diatasi dengan bermitra dengan bank untuk mendapatkan KUR, dengan syarat kelompok perikanan harus berbadan hukum terlebih dahulu”. Selanjutnya, untuk masalah pemasaran yang belum optimal, kepala bidang perikanan budidaya memberikan masukan agar kelompok kelompok perikanan yang ada di kecamatan pakuan ratu harus berani bersaing harga dengan pembenih dari luar daerah. “kita harus berani bersaing harga dengan pembenih dari luar kabupaten way kanan, harus bisa mengikuti harga pasar, walaupun mendapat untung sedikit, tetapi benih kita bisa terjual dan dapat melakukan produksi lagi dan tidak mengalami kerugian” ungkap nya.