DINAS PERIKANAN DORONG PEMBUDIDAYA IKAN PRODUKSI PAKAN MANDIRI

09 Oktober 2019 | Administrator | 69 Dilihat

Kepala dinas perikanan Drs. Kadarsyah yang di wakili oleh Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Daya Saing Eko Rahmat, S.Pi, MM didampingi kepala seksi Pakan, Kesehatan dan Lingkungan, Lelawati S.P melakukan Pendampingan pembuatan pakan ikan mandiri di desa Serupa Indah Kec. Pakuan Ratu. Acara itu dihadiri sekitar 30 peserta dari beberapa  kelompok perikanan (Pokdakan) yang ada di kecamatan tersebut. Dalam acara tersebut, dinas perikanan memaparkan bahwa pakan mandiri dapat menjadi solusi dari tinggi nya harga pakan pabrikan selama ini. Seperti yang di ketahui bahwa 70% dari biaya produksi budidaya perikanan merupakan biaya pakan.

“Sarana produksi pakan lebih di utamakan karena komponen biaya yang paling besar dari usaha budidaya perikanan adalah Pakan. Biaya yang dikeluarkan untuk pakan saja bisa mencapai 70-80%. Sehingga instruksi dari menteri Kelautan dan Perikanan, ibu Susi Pudjiastusi, bahwa biaya pakan harus turun sampai 60%  agar kesejahteraan pembudidaya dapat meningkat. Jelas Kepala bidang Tangkap dan Daya Saing.

Melalui Gerakan Pakan Ikan Mandiri (GERPARI) diharapkan juga akan terbentuk kelompok-kelompok baru seperti kelompok produsen pakan, Kelompok penyedia bahan baku pakan dan kelompok pemasar pakan. Hal ini akan mampu menyerap lebih banyak tenaga kerja di bidang perikanan  budidaya dan juga meningkatkan perekonomian daerah.

“Melalui pendampingan pembuatan pakan mandiri ini, kita harapkan kemampuan para pembudidaya ikan dalam membuat pakan dapat meningkat, sehingga mampu memproduksi pakan ikan yang berkualitas sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Dinas perikanan kabupaten Way Kanan akan membantu dalam hal pembinaan dan monitoring. Kemandirian dalam bidang pakan akan terus kita dorong menuju perikanan budidaya yang mandiri, berdaya saing dan berkelanjutan.” Pungkas Kabid Tangkap dan Daya Saing itu.